Cara Perbaikan Kulkas atau Freezer Sendiri

Lemari es adalah salah satu dari beberapa peralatan di rumah Anda yang berjalan terus menerus, siang atau malam, menjaga makanan atau minuman tetap dingin. kita sering berpikir bagaimana cara kerja kulkas, lalu ingin memperbaikai sendiri. atau Anda mungkin menghadapi tagihan perbaikan tinggi dan biaya mengganti semua makanan yang rusak alias membusuk pada saat kulkas anda rusak. Jangan takut! Artikel ini adalah di sini untuk memberitahu Anda segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang memperbaiki kulkas Anda dan freezer sendiri. Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahui bahwa perbaikan sebenarnya cukup mudah, hanya membutuhkan sedikit pengetahuan tentang alat-alat yang harus dibutukan dan sedikit kesabaran. Mari kita mulai dengan beberapa informasi dasar.

Lemari es dan freezer terdiri dari dua komponen dasar: sebuah kumparan kondensor dan kumparan evaporator. Sebuah cairan yang dinamakan cairan refrigran disirkulasikan melalui kumparan ini dengan disuplay oleh kompresor . Refrigeran cair yang panas didinginkan dalam kondensor; kemudian mengalir ke evaporator. Pada evaporator cairan refrigrant yang bertekanan tinggi kemudian diturunkan tekanannya sehingga cairan berubah menjadi gas sehingga refrigrant cair beruba menjadi gas, perubahan dari cair ke gas akan mengalami penurunan suhu atau menjadi dingin. kemudian dari evaporator gas diteruskan lagi ke compresor secara terus menerus bersirkulasi.

Kebanyakan kulkas dan freezer bersytem frost-free atau tidak mengunakan pemanas untuk mencairkan gumpalan es(alias dibiarkan esnya mencair sendiri).sedangkan jenis unit yang lain, mengunakan pemanas secara otomatis yang biasanya diaktifkan oleh timer untuk mencairkan es di dalam unit. pada beberapa unit kulkas gumpalan es dilebur oleh pemanas , dimulai dengan daerah terdingin atau yang paling banyak gumpalan es. Ketika es sudah benar-benar meleleh, termostat secara otomatis beralih ke siklus pendinginan untuk mempertahankan suhu beku standar. Karena proses yang otomatis. maka tidak membiarkan es menggumpal di dalam kotak pendingin atau kulkas.

Bagian dasar dari sistem pendingin / defrosting meliputi compresor, termostat, pemanas, kondensor, dan kipas. kita dapat memperbaiki sendiri atau menguji dan mengganti banyak komponen kulkas ini. Namun, ada pengecualian, seperti yang dijelaskan kemudian.

Perhatian: Sebelum melakukan pekerjaan apapun pada lemari es atau freezer, pastikan tidak terhubung dengan listrik atau colokannya dicabut. Setelah memastikan sudah tida terhubung dengan listrik, periksa apakah kompresor memiliki kapasitor; komponen ini biasanya terletak di samping compresor. Kapasitor menyimpan listrik, bahkan ketika power dimatikan. Sebelum Anda melakukan pekerjaan, Anda harus pengosongan kapasitor, atau Anda bisa kesetrum
.

Langka-langka Perbaikan Kulkas atau Pendingin Sendiri.

1.Pengosongan Capacitor
berikut langkah-langkah pengosongan capsitor
Langka ke1: cabut colokan dari stop kontak pastikan tidak terhubung dengan sumber listrik.
Langka ke2 : cari atau lihat letak posisi capasitor yang biasanya terletak di samping compressor.
Langka ke3 : cabut capasitor. capasitor ada yang dua pin dan ada tiga pin. Untuk Mengosongkan listrik dalam kapasitor hubungkan pin capasitor ke pin capasitor lainya.

hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari sengatan listrik dikarenakan pada capasitor mempunyai sifat menyimpan listrik.

2.Pengecekan Kabel

Komponen kontrol lemari es biasanya terletak di bagian atas unit. Sedangkan Motor, kompresor, kondensor koil, dan kipas kondensor yang terletak di bagian bawah.Untuk mengecek komponen di bagian atas unit, lepaskan sekrup penahan atau cungkil klip yang memegang plastik atau logam panel atas bagian. Pengencang ini biasanya disembunyikan.jika kabel tampak gosong segera cek kabel satu persatu. siapkan alat Multitester atau biasa disebut AVO meter. periksa apaka ada kabel yang terputus untuk cara menyambung kabel yang benar klik disini

3.Pengecekan Pintu

jika kita menemukan compresor terus bekerja namun kenyataannya makanan atau minuman yang kita simpan dinginya kurang maksimal, bisa disebabkan oleh pintu yang mengalami masalah. hal ini bisa disebabkan oleh seringnya kita membuka pintu kulkas tampa menutupnya dengan rapat. atau juga dikarenakan pintu ada masalh sehingga udara luar bisa masuk yang meyebabkan kulkas atau freszer kurang bekerja makasimal. berikut tips merawat pintu kulkas.

Gasket pintu

Gasket pintu atau karet pintu berfungsi sebagai pengunci udara. untuk mengecek gasket pintu masi bagus gunakan lembaran kertas atua lebi bagus uang kertas.tempatkan lembaran uang kertas antara gasket dan kusen pintu. tarik pintu secara perlahan jika pintu terasa berat saat ditarik menandakan gasket masi bagus. namun jika uang kertas yang kita taro tadi lansung lepas atau jatuh berarti gasket suda tidak bagus lagi. untuk memastikannya coba dibeberapa tempat pada pintu kulkas.

berikut trik mengganti gasket yang baru.

1.ganti gasket sesuai model atau sesuai selerah.untuk memastikan model gasket sama potong gasket sebagai sampel contoh. tambal potongan tadi dengan menggunakan semen karet silicon.
2.juka gasket baru suda ada, taro didlam kulkas selama 24 jam atau rendam di air untuk melenturkan gasket karena biasanya gasket yang baru agak keras dan susa dipasang.
3.cabut gasket yang lama. biasanya mengunakan sekrup atua hanya di tempel cunkil dengan obeng minus cungkil dengan hati-hati karena biasanya gasket di lem sehingga karet gasket menempel pada pintu.
4.bersikan area pemasangan gasket pakai deterjen atau pembersi lainya pastikan benar-benar bersi.
5.pasang gasket yang baru dimulai dari atas kebawa pastikan tidak ada benjolan dan merata.

Engsel pintu kulkas atau frezser
engsel pintu bisa menyebabakan pintu bergeser atau tidak rapat. ini juga bisa menyebabkan hawa luar bisa masuk. periksa pintu apaka bergeser atau tidak rapat. kencangkan engsel dengan obeng jika kendor atau lebi baik ganti engsel yang baru jika perlu.

4.Pemeriksaan komponen utama pada kulkas
beberapa komponen pada kulkas mudah diganti untuk servis sendiri.namun beberapa juga komponene butuh pelayanan servis yang profesional atau tukang servis.disini akan kita bahas cara memeriksa komponen sendiri pada kulkas atau freezer.

Thermostat defrost
jika kita mendapatkan es menggupal pada kulkas segara periksa thermostatnya apakah masi berfungsi atau tidak.namun disarankan untuk memanggil teknisi yang profesional.

Evaporator Fan
periksa kipas apaka berjalan normal. biasanya kipas di tandai dengan bunyi yang tidak seperti biasanya atau putaran tidak kencang atau lemah. evapurator fan berada pada unit pendingin atau dalam lemari kulkas.

Defrost Timer

defrost timer atau pengatur waktu defrost. periksa apaka pada waktu defrost bongkahan es masi ada namun defrost sudah berhenti.

Defrost Heater
perhatikan pada saat defrost apaka es benar-benar cair dengan sempurna. jika es tidak cair pada saat defrost periksa defrost heater.

Condensor Fan
condensor fan terletak biasanya di belakang atau terletak dibawa unit kulkas.













Related Posts:

40 Responses to "Cara Perbaikan Kulkas atau Freezer Sendiri"

  1. karet pintu itu apa bisa di ganti ya min? Website Gratis

    ReplyDelete
  2. Jika ingin beli yang baru bisa di Carrefour, Hypermart, atau toko-toko yang lain. Ini ada katalog yang praktis : http://katalog-promo-praktis.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Saya menyimpan minuman kiko di dalam kulkas bagian atasnya, tapi kok tidak bisa beku ya ? Apa ada masalah dengan kulkas saya atau bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama yg sy alami skrg..mungkin btuh tkng service

      Delete
    2. Sama yg sy alami skrg..mungkin btuh tkng service

      Delete
  4. frezer LG ku kaya gak ada power listrik masuk gak hidup meski saklar udah saya colokan,mohon petunjuknya min makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Frezer gak mau dingin & beku, sebelum nya baik2 saja, setelah listrik mati selama seminggu trus hidup lg saya colokin lg tp malah gak mau dingin & beku gimana yah?

      Delete
  5. ada yang tau bentuk karet pintu untk kulkas sharp SJ-19MKII-TS . tolong di share bntuk.a .. punyaku tak sengaja ke buang waktu mau ganti jdi gda cntoh . mksh

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kulkas LG ku, compressornya ga mau narik, pasti lgsg berhenti sehingga tdk bisa membekukan di frezer, bisa di bantu gan,tks.

    ReplyDelete
  8. Kalo lemari es dah dah dingin trs trimer pendigin mati tpi ga bisa dingin lagi,,,itu apanya yang rusak min....trims

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kalo lemari es dah dah dingin trs trimer pendigin mati tpi ga bisa dingin lagi,,,itu apanya yang rusak min....trims

    ReplyDelete
  11. Kalo lemari es dah dah dingin trs trimer pendigin mati tpi ga bisa dingin lagi,,,itu apanya yang rusak min....trims

    ReplyDelete
  12. Kalo lemari es dah dah dingin trs trimer pendigin mati tpi ga bisa dingin lagi,,,itu apanya yang rusak min....trims

    ReplyDelete
  13. Trims untuk infonya yaa :)

    Nah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah.

    Silahkan berkunjung diwebsite kami untuk mengetahui info” dari perusahaan kami dan price list penawaran juga. Klik website ini service kulkas surabaya

    atau di website perusahaan kami cv anugerah teknik abadi

    ReplyDelete
  14. Terima Kasih untuk informasinya :)

    Nah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah. Kamilah tempatnya ^.^

    cv anugerah teknik abadi merupakan Perusahaan yang telah lama bergerak dibidang jasa service ac, Cuci ac, Pasang ac, service Mesin cuci, service Kulkas, service freezerbox dan elektronik lainnya di daerah surabaya, Sidoarjo dan gresik sekitar.

    CV ATA sudah dikenal luas masyarakat jawa timur, Dikenal sebagai Tempat Jasa Service Panggilan dengan pekerjaan teknisi yang memuaskan dan bergaransi.

    ReplyDelete
  15. Herannya gini ko kulkas saya dingin2 aja tapi freezer atasnya gak beku ke makanan? Knpa ya?

    ReplyDelete
  16. Slm malam.
    Sy ingin tanyakan kok kulkas sy menyala terus apanya yang harus digantin ya..

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. artikel yang bagus
    http://www.sanken.co.id/1/2/produk/home-appliances/lemari-es.html

    ReplyDelete
  19. Mau nanya kalau showcase terus didinding dalamnya berair itu normal atau rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa disebabkan jika suhu di luar rangan showcase lebi dingin daripada suhu dalam showcase...

      Delete
    2. Itu bisa disebabkan jika suhu di luar rangan showcase lebi dingin daripada suhu dalam showcase...

      Delete
  20. mau tanya gan, di rumah ada kulkas 2 pintu bener dingin tp kalo biduat bikin es batu gak bisa jadi dan bunga esnya cuman ada di bagian atas frezer aja ?
    mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  21. Halo slm kenal gan.gini aku punya kulkas.LG.4th nongkrong.kerusakanya cuma gsnti r3/kapaditor.udah diganti kulkas hidup normal tapi kok gak mau dingin..kira2 apanya..ya...kasih tau dong trmksh...

    ReplyDelete
  22. Halo slm kenal gan.gini aku punya kulkas.LG.4th nongkrong.kerusakanya cuma gsnti r3/kapaditor.udah diganti kulkas hidup normal tapi kok gak mau dingin..kira2 apanya..ya...kasih tau dong trmksh...

    ReplyDelete
  23. frezeer saya sudah lama mati, apakah bisa dibenenerin ya min?
    http://www.blogjunior.tk

    ReplyDelete
  24. Padahal belum lama pendingin freezer saya habis diservis, tapi entah kenapa baru seminggu udah tidak mau dingin lagi ya pak ?

    ReplyDelete
  25. perbaikan seperti itu wajib dilakukan oleh yang ngerti ya? soalnya kulkas dirumah freezernya kurang dingin, fungsinya bukan untuk pendingin makanan malah jadi pendingin ruangan kayanya..

    ReplyDelete
  26. Untuk kenyamanan dalam penggunaan mesin pendingin freezer ataupun chiller, sebaiknya kita jaga, agar selalu bekerja dengan baik dalam pendinginan. Apabila mesin pendingin tidak dingin, coba cek di bagian pipa ac, siapa tau pada pipa ac tersebut mengalami kebocoran.

    ReplyDelete
  27. Numpang tanya gan,,, kulkas di rumah 2 pintu tanpa bunga es, kalau di buat bikin es 2 sampai 3 hari baru jadi. kenapa yaa gan ???

    ReplyDelete
  28. saya punya freezer untuk menyimpan ASIP 4 rak, udah seminggu ini, 2 rak paling bawah 4 hari ga beku-beku, tapi rak yg lainnya normal..
    itu kenapa ya?makasih

    ReplyDelete
  29. Mas mau tya freezer stending sya ngk bekunya tdk maksimal cma min 4 kira2 apanya maslahbya

    ReplyDelete
  30. Mas mau tya freezer stending sya ngk bekunya tdk maksimal cma min 4 kira2 apanya maslahbya

    ReplyDelete
  31. Klo freezer ( freezer 1 pintu) setelah di perbaiki karena ketusuk pisau udah di perbaiki. Jadi nya cuman 2 hari setelah itu es nya nga beku lagi. Trus saya fungsiin aja jadi kulkas biasa. Karna kulkasnya dingin aja dan tidak bisa bekukan es.
    Apakah aman nga kaka...
    Mksih

    ReplyDelete
  32. Tips Android - Perlunya cara mengatasi android blank screen jika kita mengalami masalah tersebut seperti layar HP yang blank tiba-tiba atauFrog Keyboard

    ReplyDelete